Kamis, 17 Januari 2013


Konsep Dasar Letak Lintang

1.      Pengertian
Letak lintang adalah bila sumbu memanjang janin menyilang, sumbu memanjang ibu secara tegak lurus atau mendekati 90O. (Mochtar, 1998:366). Letak lintang adalah sumbu panjang janin tegak lurus dengan sumbu panjang rahim ibu dengan kepala janin bisa berada di bagian kiri atau kanan perut bunda. (www.Wikipedia.Com).
Dari dua pernyataan diatas maka dapat disimpulkan bahwa letak lintang adalah bila sumbu memanjang janin menyilang, sumbum memanjang ibu secara tegak lurus. Letak lintang terbagi atas dua bagian yaitu menurut letak kepala, dan menurut posisi punggung. Adapun menurut letak kepala terbagi dua yaitu, letak lintang I : kepala di kiri, dan letak lintang II : Kepala di kanan. Adapun menurut posisi punggung terbagi atas empat, yaitu, Dorso Anterior (didepan), Dorso Posterior (dibelakang), Dorso Superior (diatas), dan Dorso Inferior ( dibawah)

2.      Etiologi
Penyebab dari letak lintang merupakan kombinasi dari berbagai faktor, sering pula penyebabnya tetap merupakan suatu misteri, faktor – faktor tersebut adalah ; Fiksasi kepala tidak ada, karena panggul sempit, hidrosefalus, plasenta previa, dan tumor – tumor pelvis. Janin sudah bergerak pada hidramnion, multiparitas, anak kecil atau sudah mati, gimeli (kehamilan kembar), kelainan uteris, lumbar skoliosis, monster, pelvic kidney dan kandung kemih serta rektum yang penuh.

3.      Diagnosis
a.       Inspeksi, Perut membuncit kesamping
b.      Palpasi dirasakan Fundus Uteri lebih rendah dari seharusnya tua kehamilan, fundus Uteri kosong dan bagian bawah kosong, kecuali kalau bahu sudah masuk kedalam pintu atas panggul, kepala teraba dikanan atau dikiri.
c.       Auskultasi denyut jantung janin setinggi pusat kanan dan kiri.
d.      Pemeriksaan dalam akan teraba tulang iga skapula dan kalau tangan membumbung teraba tangan, untuk menentukan tangan kanan atau tangan kiri lakukan dengan cara bersalaman, bila teraba bahu dan ketiak yang bisa menutup kekanan atau kekiri bila kepala terletak dikiri, ketiak menutup kekiri. Bila letak punggung ditentukan dengan adanya skapula, letak dada dengan klavikula.jika dilakukan pemeriksaan dalam agak sukar dilaksanakan bila pembukaan kecil dan ketuban intak, namun pada letak lintang biasanya ketuban sepat pecah.
e.       Photo Rontgen, tampak janin dalam letak lintang

4.      Prognosa
a.       Bagi ibu
Bahaya yang mengancam adalah ruptum uteri, baik spontan atau sewaktu versi dan ekstraksi, partus lama, ketuban pecah dini, dengan demikian mudah dapat infeksi intra partum.
b.      Bagi janin, adalah kematian yang dapat disebabkan oleh, prolapsus Funi Euli, trauma Partus, hipoksia karena kontraksi uteris terus menerus, dan ketuban pecah dini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KOMENTAR ANDA UNTUK LEBIH BAIKI!!!!